Perbedaan dan Kegunaan Sunscreen dengan Sunblock

13.38.00

Hello Everybody,

Kalian pada bingung ngga perbedaan sunscreen dengan sunblock. Dulu aku tuh taunya cuma sunblock, tapi setelah rame sunscreen aku jadi kepo bedanya apa sih sunscreen sama sunblock. Jadi buat kalian yang juga masih bingung bisa baca artikel ini sampai habis ya. Sebelum menuju ke topik utama, aku mau sedikit bahas tentang Sinar matahari karena ini sangat berkaitan banget dengan topik utama kali ini. 

Berjemur di bawah sinar matahari memang banyak benefit nya. Tapi inget ya, kalo terpapar di bawah sinar matahari di waktu lama dan tidak tepat juga bisa membawa efek buruk, apa aja sih efek buruk dari sinar matahari : 
1. Kulit terbakar (sunburn)
2. Muncul tanda penuaan (garis halus, keriput, flek hitam)
3. Meningkatkan resiko kanker kulit 

Nah terus gimana sih cara mencegah efek buruk sinar matahari? Pakai sunscreen dong terutama buat kamu yang beraktivitas diluar ruangan. Terus bedanya apa sunscreen sama sunblock. 

Intermezzo. Sinar matahari mengandung Ultraviolet A dan B atau yang lebih sering kita dengar UVA dan UVB. UVA merupakan penyebab utama timbulnya kerutan halus, keriput, flek hitam dan tanda penuaan lainnya. Sedangkan UVB penyebab utama kulit kita terbakar /gosong. 



SUNBLOCK
Seperti namanya ya block, yang fungsinya menghalang sinar UVA dan UVB masuk ke jaringan kulit lebih dalam. Kandungan sunblock yaitu berisi kandungan mineral seperti zinc oksida dan titanium dioksida. Zinc oksida adalah mineral sintetik yang bertugas untuk memecah panas dan energi yang dilepaskan oleh sinar UV, menghalangi radiasi sinar UV bahkan sebelum mencapai permukaan kulit. Zinc oksida juga mempunyai kandungan yang mampu dari anti iritasi dan dapat melindungi kulit sensitif. Sementara, titanium dioksida adalah mineral alami yang memilki kemampuan reflektif dan kestabilan yang baik sehingga tidak akan terurai di bawah sinar matahari.

Manfaat yang bisa didapat saat menggunakan sunblock:
1. Menangkal UVA dan UVB
2. Terbebas dari kulit terbakar
3. Memaksimalkan penyerapan nutrisi pada kulit
4. Kulit terlihat awet muda
5. Menjaga kelembaban alami kulit

SUNSCREEN
Sunscreen merupakan perlindungan ringan kulit dari efek buruk sinar matahari. Biasanya sunscreen hanya memiliki perlindungan UVA. Namun belakangan sudah banyak sunscreen yang sudah memiliki perlindungan dari UVA dan UVB. Ada dua istilah lain yaitu  physical sunscreen dan chemical sunscreen. Physical sunscreen adalah krim tabir surya yang mengandung mineral aktif titanium dioksida dan zinc oksida. Fungsinya melindungi kulit dari sinar matahari dengan cara menghalangi dan memantulkan sinar matahari pada permukaan kulit. Inilah yang biasa disebut dengan sunblock. Chemical sunscreen berfungsi melindungi kulit dengan cara menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas. Nantinya energi tersebut akan dilepaskan lewat permukaan kulit. Teksturnya lebih cair dibanding physical sunscreen sehingga lebih mudah diserap oleh kulit. Sunscreen pada umumnya adalah chemical sunscreen. Untuk sunscreen kandungannya biasanya berisi Octylcrylene, Avobenzone (filter UVA yang paling tidak stabil dan terurai di bawah matahari), Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T 150, dan Uvinul A Plus.

Manfaat dari penggunaan rutin sunscreen. Antara lain:
1. Menghindari wajah dari paparan langsung sinar matahari
2. Mencegah kanker kulit
3. Mencegah penuaan dini dari sunscreen dengan SPF minimal 30
4. Mencegah komedo
5. Mencegah kulit terbakar

Jadi sunscreen dan sunblock pada dasarnya sama-sama berfungsi optimal untuk mencegah efek buruk sinar UV. Tinggal dilihat lagi kandungan apa saja yang dibutuhkan oleh kulit pada saat itu. Untuk penggunaan sehari-hari yang tak melulu terpapar matahari, sunscreen pun bisa dianggap cukup. Sedangkan sunblock bisa digunakan saat sedang menghabiskan waktu lama di bawah sinar matahari. Misal kalo kita lagi main ke pantai. Yang harus diperhatikan adalah kandungan SPF yang tinggi di mana itu bisa melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Kemudian pastikan juga untuk mengaplikasikan sunscreen dan sunblock secara berkala agar efeknya tetap maksimal ya.

 Source : popmama.com

You Might Also Like

0 komentar